-->

Catatan Kredit Saat BI Checking Bermasalah? Ini Cara Menghapusnya

- Senin, Desember 04, 2017
KPR banyak diandalkan masyarakat Indonesia untuk bisa membeli rumah. Sebelum pengajuan pinjaman diterima bank, ada beberapa tahapan pengecekan yang harus dilalui pengaju KPR, salah satunya ialah BI checking. Bila catatan kredit Anda buruk, maka cita-cita punya rumah pun dapat pupus!


Penyebab Catatan Kredit Buruk

Saat seseorang melakukan pengajuan KPR, bank akan melakukan pengecekan pada sistem informasi debitur (SID) yang ada di Bank Indonesia (BI). Proses inilah yang disebut-sebut sebagai BI checking.

Saat proses pengecekan dilakukan, bank akan memeriksan riwayat pembiayaan atau penyediaan dana pada informasi debitur individual (IDI). Di dalam catatan tersebut, seluruh riwayat kredit yang dilakukan seseorang dapat diketahui.

Bila pengaju melakukan kewajibannya untuk mencicil utang, makan kredit yang ia miliki dapat dikategorikan baik.

Sebaliknya, jika cicilan tersebut tidak dilunasi dan menunggak, maka  catatan kredit yang dimilikinya pun dikategorikan buruk. Inilah mengapa bank bisa menolak pengajuan KPR seseorang.

Catatan Dapat Dihapus

Dikutip dari situs cekaja.com, seluruh catatan kredit buruk tersebut dapat terhapus bila sang pengaju telah melunasi seluruh tunggakannya.

Saat seseorang menunggak cicilan ke bank dan telah melunasinya, bank tersebut pun akan melaporkan hal ini ke BI. Secara otomatis seluruh catatan pun akan terhapus terhitung 24 bulan dari waktu pelunasan.

Cek Sendiri IDI Historis

IDI historis ternyata dapat dicek sendiri secara online oleh perorangan. Caranya adalah dengan mengisi formulir pengecekan di situs BI.

Setelah pengajuan formulir, pihak BI akan melakukan pengecekan data. Bila data yang dirilis dirasa tidak sesuai, ia dapat mengajukan perbaikan.

Bila pengajuan keberatan dan perbaikan sudah dimasukkan, BI akan melakukan cross-checked. Bila terbukti ada kesalahan, maka data yang tersimpan pada SID akan segera di-update dengan yang paling benar.

Semoga ulasan di atas tadi dapat menambah informasimu seputar BI checking dan juga mengenai KPR. Setelah ini, jadi makin siap bukan untuk mengajukan KPR? Semoga berhasil,

sumber&penulis : Tiara. SS-https://blog.urbanindo.com/2017/11/gagal-kpr-catatan-kredit-bi-checking-buruk-cara-menghapusnya/ - edit : rumahmurahbekasi


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search